Nikmatnya Berpikir Positif

Sering kali saat kita  merasa sedih karena apa yang kita ingini tidak tercapai, kita mengeluh dan bersu'udzon kepada Allah SWT. Pikiran negatif segera merajai otak, sehingga perilaku dan sikap kita menjadi negatif pula. Kita sebagai orang muslim hendaknya selalu berkhuznudzon atau berpikir positif, berpikir yang baik-baik. Sesuai dengan firman Allah SWT, diriwayatkan dari Abu Hurairah Radhiyallahu 'Anhu, Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda: Allah Ta'ala berfirman;
 أَنَا عِنْدَ ظَنِّ عَبْدِي بِي وَأَنَا مَعَهُ إِذَا ذَكَرَنِي فَإِنْ ذَكَرَنِي فِي نَفْسِهِ ذَكَرْتُهُ في نَفْسِي وَإِنْ ذَكَرَنِي فِي مَلأٍ ذَكَرْتُهُ فِي مَلأٍ خَيْرٍ مِنْهُمْ وَإِنْ تَقَرَّبَ إِلَىَّ بِشِبْرٍ تَقَرَّبْتُ إِلَيْهِ ذِرَاعًا وَإِنْ تَقَرَّبَ إِلَىَّ ذِرَاعًا تَقَرَّبْتُ إِلَيْهِ بَاعًا وَإِنْ أَتَانِي يَمْشِي أَتَيْتُهُ هَرْوَلَةً

"Aku sesuai prasangka hamba-Ku kepada-Ku, dan Aku akan bersamanya selama ia mengingat-Ku. Jika ia mengingat-Ku dalam dirinya maka Aku akan mengingatnya dalam diri-Ku, jika ia mengingat-Ku dalam sekumpulan orang maka Aku akan mengingatnya dalam sekumpulan yang lebih baik dan lebih bagus darinya. Jika ia mendekat kepada-Ku satu jengkal maka Aku akan mendekat kepada-Nya satu hasta, jika ia mendekat kepada-Ku satu hasta maka Aku akan mendekat kepadanya satu depa, dan jika ia mendatangi-Ku dengan berjalan maka Aku akan mendatanginya dengan berlari." (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Jadi sudah dengan gamblang dijelaskan disitu bahwa kita sebagai manusia harus selalu berpikir positif dalam menjalani hidup. Ilmu ini sudah sangat terbukti seperti yang dijabarkan dalam buku “The Secret” sebuah buku mengenai berpikir positif. Bahwa rahasia kesuksesan itu selain berikhtiar dengan maksimal, juga disertai dengan pikiran positif. Jika kita berpikit positif, Allah SWT dan apa yang ada disekitar kita juga akan merespon dengan positif dengan membantu mewujudkan impian kita.

Apalagi mahasiswa seperti kita ini, rentan sekali dengan stress, galau dan risau. Entah itu dari faktor perkuliahan, relasi dengan teman, keluarga, lingkungan, dan lain-lain. Tugas kuliah yang menumpuk, uang yang pas-pasan, nilai IP minim, biasanya menjadi beban seorang mahasiswa. Padahal pada masa ini, masa emas untuk menuntut ilmu, mengembangkan diri dan menambah wawasan. Jika galau sedang menguasai pikiran kita, ini sangat mempengaruhi kinerja dan keaktifan kita. Disini berpikir positif sangat diperlukan. Jika kita katakan pada diri kita sendiri bahwa kita bisa lulus kurang dari 4 tahun dan percaya itu akan terjadi, InsyaAllah sugesti positif akan menyemangati kita untuk berusaha maksimal mencapai tujuan kita. Bahkan Allah akan membukakan jalan untuk kita. Tapi yang perlu diingat, jika kita sudah berusaha maksimal tapi Allah berkehendak lain, kita juga tetap harus berpikir positif bahwa Allah memilihkan yang terbaik untuk kita, hambaNya. Selalu ada hikmah dibalik itu semua. Tergantung bagaimana kita menyikapinya.

Berpikir positif membawa banyak dampak baik di kehidupan kita. Seperti mengatasi stress, saat kita mengalami situasi stress, pikiran positif membantu kita mengabaikan pikiran negatif. Mengganti pikiran pesimis dengan optimis, mengurangi kecemasan, sehingga kita bisa mengontrol hidup kita dengan baik. Yang kedua, menjadi lebih sehat; pikiran kita secara langsung mempengaruhi tubuh dan bagaimana cara bekerjanya. Ketika kita mengganti pikiran negatif dengan ketenangan, kepercayaan dan kedamaian, bukannya dengan kebencian, kecemasan, dan kekhawatiran, maka kita akan merasakan kesejahteraan. Dan ini berarti kita tidak mengalami gangguan saat tidur, tidak merasakan ketegangan otot, kecemasan, dan kelelahan. Orang-orang yang berpikir negatif lebih muda terkena depresi. 

Dengan berpikir positif, kita juga menjadi lebih percaya diri dan bisa mengambil keputusan  yang benar. Berpikir positif mencegah kita memilih keputusan yang salah atau melakukan hal yang bodoh yang kemudian Anda sesali, sehingga kita bisa memilih keputusan dengan tepat. Selain itu menggunakan pikiran positif membantu kita lebih fokus saat menghadapi masalah. Kita hanya akan membuang-buang waktu dan energi jika terlampau sering berpikir negatif.

Dengan meningkatnya fokus serta kemampuan membuat keputusan yang lebih baik, kita akan lebih terorganisir dan bisa mengatur waktu dengan baik yang mengarah pada kebahagian dan keberhasilan saat mengubah hidup kita. Ketika berpikir positif, akan menarik perhatian orang-orang dan ketika orang-orang tersebut dekat dengan kita mereka akan merasa nyaman. 

Ketakutan berasal dari pikiran negatif. Menjadi pemikir positif tentunya bisa menghilangkan rasa takut. Keberanian berasal dari kenyataan bahwa kita tetap berpikir positif. Kita akan tahu bahwa apapun yang terjadi dalam hidup kita, kita dapat menghadapinya. Dan yang terakhir, hidup menjadi lebih bahagia. Jika kita memiliki semangat berpikir positif, kita selalu mengantisipasi hidup dengan bahagia, damai, tawa, kesehatan yang baik dan kesuksesan finansial.

Maka dari itu mari kita mulai untuk selalu berpikir positif dan berusaha yang positif juga. Jangan pikiran kita sudah positif, tapi raga kita cuma menunggu tidak berusaha apa-apa. Ya tidak bakal tercapai impian kita. Dengan melalui proses disertai pikiran positif lah kita akan mendapatkan hidup yang lebih bermakna. Dan InsyaAllah, kita akan bisa meraih kesuksesan dengan gemilang.

Komentar